Selasa, 05 Juni 2012

Sekilas Tentang Boixos Nois


The Boixos Nois adalah kelompok pendukung terorganisir dari klub sepakbola FC Barcelona , Kelompok ini berbasis di Spanyol tepatnya di daerah otonom masyarakat Catalonia. Masyarakat Catalonia sendiri sudah ingin memerdekakan daerah, suku bangsa, kebudayaan mereka sendiri dr spanyol sejak sekian lama. maka dari itu sepakbola di jadikan salah satu ajang untuk memperkenalkan bangsa mereka pada dunia khususnya spanyol sendiri.

Boixos Nois Didirikan pada tahun 1982.
kelompok itu terdiri dari Catalan nasionalis-kiri, sampai kelompok anarkis skinhead yg bergabung pada pertengahan 1980-an.
skinhead masuk di karenakan melihat pergantian orientasi politik dari sosialistik menjadi fasis separatisme.
Selama bertahun-tahun Boixos Nois menikmati hubungan dekat dengan FC Barcelona sampai mantan presiden Joan Laporta melarang kehadiran mereka di pertandingan di tahun 2003.

Mereka sangat terkenal di Spanyol untuk perilaku kekerasan dan bentrokan sering dengan otoritas, dengan beberapa anggota dihukum karena ancaman kematian dan pembunuhan...(mengerikan)

Boixos Nois dimulai sebagai sekelompok kecil tidak lebih dari 50 penggemar yg berusia muda, yang sangat identik dengan nasionalisme Catalan pro-kemerdekaan dan sosialisme sayap kiri.Mereka berulang kali menuntut pengunduran diri Presiden Josep Núñez , yang mereka lihat sebagai otoriter, dan secara terbuka menantang presiden lewat nyanyian dan banner pada pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Cules De La Blaugrana | All Rights Reserved
Designed ByImuzcorner | Powered ByBlogger | FCB Blogger Template ByFree Blogger Template