Selasa, 05 Juni 2012

Tips menjadi gelandang handal ala Iniesta



- Gelandang tengah Barcelona, Andres Iniesta, berbagi 6 tips menjadi gelandang yang handal.
1. Mengirim operan

Sebelum mengirim bola, carilah pemain yang nantinya bisa menerima operan. Cobalah cari tempat yang bebas dari kepungan lawan. Semakin kosong, semakin banyak waktu untuk berpikir. Saat anda menerima bola, segera jauhi musuh.

2. Memeragakan "passing"

Setiap operan berperan penting. Operan yang buruk akan mudah direbut dan itu membuat tim kita tertekan. Operan pendek yang membuat kita menguasai bola akan membuat lawan mati kutu.

Ketahui waktu yang tepat untuk mengirim operan mematikan. Jika ingin mencetak gol, cari tempat lowong untuk melakukan "passing". Semua pemain harus tahu ke mana pemain lain bergerak. Ini membuat pola permainan lebih mudah. Misalnya, tahu Xavi atau Messi akan bergerak.


3. Berpikirlah cepat

Jika sudah memikirkan kemana arah bola akan ditendang, berpikirlah dengan cepat sebelum lawan sempat berpikir.

Jika bola sudah berada di kaki, dan masih memikirkan apa yang dilakukan, anda akan kehilangan bola. Pemain terbaik adalah pemikir tercepat.

Kemana rekan akan berlari? Mana ruang yang lebih kosong? Siapa yang siap menerima bola? Sebaiknya dioper ke kaki atau ke badannya? Kau bisa jadi pengoper bola terbaik sedunia, tapi percuma saja bila rekan se-tim tidak berada di posisi yang tepat.

4. Lakukan gerak tipu

Buatlah lawan mengira anda bergerak ke satu arah, lalu bergeraklah ke arah sebaliknya. Buatlah lawan bingung. Saat lawan menguasai bola, segera halangi.

Tekan dia sebelum dia punya waktu untuk melepas tembakan. Bila dia tidak menunjukkan gerak-gerik akan menyerang, tidak usah berusaha mengejar karena itu membuang tenaga. Anda juga bisa berlari lebih lambat dan bersiap di posisi yang tepat bila bola kembali ke arahmu.

5. Atasi pemain kekar

Jika menghadapi lawan yang berbadan besar, bermainlah dengan bola-bola cepat. Bermain operan satu-dua juga sangat efektif karena pemain berbadan besar cenderung lambat bereaksi.

Jagalah jarak dari mereka sehingga bisa bergerak dengan dinamis. Berat badan saya (Iniesta) hanya 63 kilogram, jadi bisa bergerak lebih cepat.

Jika bisa melewati mereka dengan operan satu-dua, pemain lawan biasanya enggan menyerbu dan menjegal, anda punya ruang lebih luas untuk bermain. Barca adalah tim kecil, jadi benar-benar memanfaatkan tinggi badan. Itu menjadi salah satu alasan mengapa Iniesta diandalkan untuk menerima tendangan sudut.

6. Menembak bola dari jauh

Peran Iniesta bukan sebagai pencetak gol, tapi bila ada celah, dia akan melepas tembakan. "Saya berusaha mencetak gol bila ada kesempatan dan saya akan mengincar bagian gawang yang paling sulit dicapai kiper," katanya.

Ini yang dilakukannya ketika turun di final Piala Dunia dan di laga melawan Chelsea (semi final Liga Champions 2009).

Saat itu Iniesta melihat ada ruang di antara kerumunan pemain. Para lawan yang bergerombol memang mempersulitnya, tetapi kiper juga kewalahan karena pandangannya jadi terhalang.

"Jika ada pemain lain yang berada di posisi lebih baik, saya akan mengoper bola padanya dan membiarkan dia yang mencetak gol. Jadi kau harus tahu betul posisi kawan yang berada di sekitarmu," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Cules De La Blaugrana | All Rights Reserved
Designed ByImuzcorner | Powered ByBlogger | FCB Blogger Template ByFree Blogger Template